Sinopsis Film Kupu Kupu Kertas: Kisah Cinta di Tengah Konflik NU-PKI

RediksiaMinggu, 4 Februari 2024 | 14:32 WIB
Sinopsis Film Kupu Kupu Kertas, Kisah Cinta di Tengah Konflik NU-PKI
Sinopsis Film Kupu Kupu Kertas, Kisah Cinta di Tengah Konflik NU-PKI

DIKSIA.COM - adalah film yang terinspirasi dari peristiwa pemberontakan G30S dan pembantaian pada 18 Oktober 1965. Film ini disutradarai oleh Emil Heradi dan diproduksi oleh Denny Siregar Production bekerja sama dengan Maxima Pictures. Film ini dibintangi oleh , , Oktovian, , dan aktor-aktor lainnya. Film ini akan tayang di bioskop Indonesia mulai 7 Februari 2024.

Latar Belakang Film

Film ini berlatar tahun 1965 yang bertempat di sebuah desa di Banyuwangi. Pada masa itu, terjadi konflik antara Nahdlatul Ulama (NU) dan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang saling berebut lahan dan pengaruh. Konflik ini semakin memanas setelah terjadi penculikan dan pembunuhan jenderal-jenderal oleh simpatisan PKI. Hal ini menimbulkan kemarahan dan kebencian di kalangan NU dan masyarakat umum terhadap PKI. Banyak anggota dan simpatisan PKI yang menjadi korban pembantaian dan penindasan.

Alur Cerita Film

Film ini mengisahkan tentang Ning (Amanda Manopo), seorang gadis cantik yang lahir dari keluarga simpatisan PKI. Ayahnya, Rekoso (Iwa K), adalah seorang pemimpin PKI di desanya yang memiliki anak buah kesayangan bernama Busok (Reza Arap). Busok juga menyukai Ning dan rela melakukan apa saja untuk mendapatkan hatinya.

Di sisi lain, ada Ihsan (Chicco Kurniawan), seorang pemuda yang berasal dari keluarga NU. Ia memiliki kakak bernama Rasyid (Samo Rafael) yang aktif di organisasi Ansor. Ihsan dan Ning saling jatuh cinta tanpa memperdulikan perbedaan ideologi keluarga mereka. Mereka berdua berharap bisa hidup bahagia bersama.

Namun, harapan mereka sirna ketika terjadi pertumpuran antara NU dan PKI di desa mereka. Rasyid dan puluhan anak muda Ansor menjadi korban pembunuhan oleh Rekoso dan Busok. Ihsan yang mengetahui hal ini merasa sangat sedih dan marah. Ia pun terpaksa memilih antara cintanya atau keluarganya.