Novel Baswedan, Siapanya Anies Baswedan?

RediksiaJumat, 2 Februari 2024 | 13:51 WIB
Novel Baswedan, Siapanya Anies Baswedan?
Anies Baswedan menjenguk Novel Baswedan (Foto: Nabilla Fatiara/kumparan)

DIKSIA.COM - Novel dan adalah dua tokoh publik yang sering menjadi sorotan media. Keduanya memiliki nama belakang yang sama, yaitu Baswedan. Apakah mereka memiliki hubungan kekerabatan? Apa saja prestasi dan perjuangan mereka di bidang masing-masing? Artikel ini akan mengulas tentang profil, latar belakang, dan rekam jejak dan Anies Baswedan.

Hubungan Kekerabatan Novel dan Anies

Novel Baswedan dan Anies Baswedan ternyata adalah sepupu. Ayah Novel bernama Salim Baswedan, sementara ayah Anies bernama Rasyid Baswedan. Keduanya merupakan keturunan dari Abdurrahman Baswedan atau AR Baswedan, salah satu pendiri Republik Indonesia.

Novel dan Anies kerap menunjukkan kedekatan mereka sebagai keluarga. Pada tahun 2018, Anies menyempatkan diri untuk berkunjung ke rumah Novel di Jakarta Utara, setelah Novel menjadi korban penyerangan air keras yang menyebabkan kebutaan pada mata kirinya. Anies mengaku senang melihat Novel dapat berkumpul kembali dengan keluarganya.

Profil dan Rekam Jejak Novel Baswedan

Novel Baswedan lahir di Semarang, Jawa Tengah, pada 20 Juni 1977. Ia menyelesaikan pendidikannya di SMA Negeri 2 Semarang pada tahun 1995, kemudian melanjutkan ke Akademi Kepolisian pada tahun 1998.

Novel memulai karirnya di Polri pada tahun 1999, dengan bertugas di Polres Bengkulu. Ia menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Bengkulu sejak tahun 2004 hingga 2005. Kemudian, ia ditugaskan di Bareskrim Mabes Polri selama dua tahun, hingga akhirnya ditugaskan sebagai penyidik untuk Komisi Pemberantasan Korupsi () pada tahun 2007.

Sebagai penyidik KPK, Novel berperan dalam mengusut berbagai kasus korupsi besar yang melibatkan pejabat tinggi negara, seperti Muhammad Nazaruddin, Angelina Sondakh, Nunun Nurbaeti, Akil Mochtar, dan lain-lain. Novel juga dikenal sebagai penyidik yang gigih, tegas, dan berani menghadapi tekanan dan ancaman dari berbagai pihak.