Kenapa Ketua Menkominfo Tidak Diserahkan Lagi Ke NasDem? Ini Jawaban Jokowi

Avatar of Rediksia
kenapa ketua menkominfo tidak diserahkan lagi ke nasdem ini jawaban jokowi 6f246f8

DIKSIA.COM - JAKARTA, Presiden Joko Widodo () memilih Budi Arie Setiadi yang berlatar belakang relawan sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika () menggantikan Johnny Plate yang terseret kasus korupsi.

tidak memilih pengganti Johnny dari Partai atau dari , mengingat Plat merupakan wakil di Kabinet Indonesia Maju.

Jokowi menjelaskan alasannya menunjuk orang nonparpol sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika.

Jokowi beralasan ingin percepatan.

“Semuanya dalam tujuan akhir bekerja cepat,” kata Jokowi usai pelantikan Menteri Komunikasi dan Informatika di Istana Negara Jakarta, Senin (17/7/2023).

Jawaban yang sama juga dilontarkan Jokowi ketika ditanya alasan tidak memilih sosok lain dari Partai NasDem untuk menggantikan Johnny Plate.

Jokowi juga tidak menjawab saat ditanya apakah sudah berkomunikasi dengan Surya Paloh dalam memilih Menteri Komunikasi dan Informatika untuk mengurangi jatah Partai NasDem di Kabinet.

“Untuk bekerja cepat. Untuk menyelesaikan ini dengan cepat,” kata Jokowi.

Apa reaksi Nasdem?

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Nasdem Effendy Choirie mengatakan, pihaknya tak ambil pusing ketika jabatan Menteri Komunikasi dan Informatika () tak lagi diberikan kepada kadernya.

Selama ini, dia juga menilai, Presiden selalu menentukan sendiri siapa yang akan menjadi pembantunya.

“Menkominfo diberikan kepada (tokoh) non-Nasdem meski Nasdem sudah tidak berharap lagi di posisi itu, tapi hukumnya tetap ghosob, artinya mengambil hak orang lain. diragukan,” kata Effendy seperti dikutip Kompas.id, Minggu (17/7/2023).

Kendati demikian, Choirie menegaskan Nasdem akan tetap mendukung Jokowi hingga masa kepemimpinannya berakhir pada 2024.

Pengangkatan Lancar

Presiden Jokowi secara resmi melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Budi Sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.