Cak Imin Kritik Kartu Prakerja Bikin Orang Nonton YouTube, Janjikan Evaluasi

Avatar of Rediksia
cak imin kritik kartu prakerja bikin orang nonton youtube janjikan evaluasi 37648a2

DIKSIA.COM - Calon wakil presiden nomor urut 1 atau akan mengevaluasi total program jika terpilih menjadi wakil presiden. Ketua PKB itu mengkritik program prakerja yang ada saat ini karena telah berubah dari ide dasar yang direncanakan.

“Dievaluasi total. Karena sebenarnya ide dasarnya adalah saya terlibat saat itu. Ide dasarnya adalah peralihan dari dunia pendidikan ke dunia kerja,” kata di Aula Pandansari, Taman Wiladarika, Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (7/12/2023).

Cak Imin mengkritisi program kerja saat ini yang hanya menghasilkan sumber daya yang hanya menonton media sosial. Cak Imin membandingkan tujuan program prakerja saat menjabat Menteri Ketenagakerjaan.

“Waktu Menaker, kita tawarkan dua keterampilan dan prakerja. Tujuan prakerja sebenarnya untuk magang. Jadi kok bayar nonton YouTube,” tuturnya.

“Anda dibayar untuk menonton YouTube dan Anda dibayar untuk membuat YouTube, tapi apa urgensinya? Transisi antara dua dunia. Pendidikan lulusan SMK, SMA, dan Sarjana yang magang di dunia Di situ uang negara dibelanjakan agar industri yang menjadi sasaran magang ini tidak bangkrut tapi didukung program negara,” imbuhnya.

Cak Imin menyayangkan program yang ia sampaikan saat ini hanya menghasilkan masyarakat yang menonton media sosial. 

“Jadi kompetensi skill sangat dibutuhkan agar masyarakat bisa terserap dengan baik di industri dan lapangan kerja lainnya. Namun sayangnya hal tersebut hanya membuat masyarakat menonton YouTube saat ini saja,” tuturnya.

Wakil Ketua DPR RI ini juga menilai evaluasi program kartu prakerja memerlukan kerja sama dunia industri hingga pemerintah.

“Evaluasinya banyak. Kita harus bersinergi dengan dunia industri. Kalau pemerintah anggarannya untuk membantu pemagangan,” tutupnya.

Sumber: detikNews/Tina Susilawati – Photo: Tina Susilawati/detikcom