Sinopsis Film Tegar, Kisah Inspiratif Anak Difabel yang Ingin Sekolah

Avatar of Rediksia
Sinopsis Film Tegar, Kisah Inspiratif Anak Difabel yang Ingin Sekolah
Poster Film Bioskop Berjudul "Tegar" (Foto: Istimewa)

DIKSIA.COM - adalah Indonesia yang bercerita tentang perjuangan seorang yang ingin meraih mimpi dan haknya untuk bersekolah. Film ini disutradarai oleh Anggi Frisca dan ditulis oleh Alim Sudio. Film ini dibintangi oleh M. Aldifi Tegarajasa, Deddy Mizwar, dan Sha Ine Febriyanti. Film ini dirilis pada 24 November 2022 di bioskop.

Latar Belakang Film Tegar

terinspirasi dari kisah nyata Satria Tegar Kayana, seorang yang lahir tanpa tangan dan kaki. Meski menghadapi berbagai tantangan dan hambatan, Satria tetap bersemangat untuk belajar dan beraktivitas seperti anak-anak normal lainnya. Satria juga memiliki cita-cita untuk menjadi seorang dokter.

Film ini dibuat untuk mengangkat isu tentang dan hak asasi manusia, khususnya bagi anak-anak difabel. Film ini juga ingin menyampaikan pesan bahwa setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak, tanpa memandang kondisi fisik atau latar belakangnya. Film ini juga ingin menginspirasi masyarakat untuk tidak menyerah dan berjuang untuk mewujudkan mimpi.

Alur Cerita Film Tegar

Film ini mengisahkan tentang Tegar (M. Aldifi Tegarajasa), seorang anak difabel berusia 10 tahun yang tinggal bersama ibunya, Wida (Sha Ine Febriyanti), dan kakeknya (Deddy Mizwar). Tegar tidak pernah mendapatkan kasih sayang yang cukup dari orang tuanya. Ayahnya pergi meninggalkannya, sedangkan ibunya sibuk bekerja. Satu-satunya orang yang menyayangi Tegar sepenuh hati adalah kakeknya.

Pada hari ulang tahunnya yang ke-10, Tegar meminta hadiah untuk bersekolah dan memiliki teman seperti anak-anak lain. Namun, ibunya menolak permintaan Tegar, karena khawatir Tegar akan mendapat perlakuan buruk atau stigma di sekolah. Ibunya juga merasa tidak mampu membiayai kebutuhan Tegar di sekolah. Kakeknya, yang mendukung keinginan Tegar, berselisih dengan ibunya.