Sinopsis Film Eksil, Kisah Nyata Para Mahasiswa Indonesia yang Terbuang dari Tanah Air

Avatar of Rediksia
Sinopsis Film Eksil, Kisah Nyata Para Mahasiswa Indonesia yang Terbuang dari Tanah Air
Sinopsis Film Eksil, Kisah Nyata Para Mahasiswa Indonesia yang Terbuang dari Tanah Air

DIKSIA.COM - karya sutradara tayang terbatas di bioskop Indonesia sejak 1 Februari 2024. Film ini mendapat penghargaan sebagai Panjang Terbaik di Festival Film Indonesia 2023. Film ini mengisahkan nasib para mahasiswa Indonesia yang kehilangan kewarganegaraan dan tidak bisa kembali ke tanah air akibat peristiwa 30 September 1965.

Latar Belakang Film Eksil

Pada tahun 1965, banyak pelajar dan mahasiswa Indonesia yang mendapat beasiswa dari pemerintahan Presiden Soekarno untuk menempuh pendidikan di luar negeri. Mereka tersebar di berbagai negara, seperti China, Uni Soviet, Belanda, Cheko-Slovakia, Jerman, dan Swedia.

Namun, setelah terjadi peristiwa yang menggulingkan Presiden Soekarno, mereka tidak bisa lagi pulang ke Indonesia. Mereka dituduh sebagai simpatisan PKI dan dianggap sebagai musuh negara. Mereka juga kehilangan status kewarganegaraan Indonesia dan tidak bisa mendapatkan paspor baru. Mereka menjadi atau terasing.

Kisah Para Eksil dalam Film Eksil

mengambil narasumber langsung dari para eksil yang masih hidup. Mereka menceritakan pengalaman mereka selama hidup di negeri orang tanpa identitas dan tanpa keluarga. Mereka juga berbagi tentang perjuangan mereka untuk bertahan hidup, beradaptasi, dan mencari suaka di negara lain. Beberapa dari mereka bahkan menikah dan memiliki anak di negara tempat mereka tinggal. Namun, rindu akan tanah air dan keluarga tidak pernah hilang dari hati mereka.

juga menampilkan rekaman-rekaman arsip yang menunjukkan kondisi politik dan sosial Indonesia pada masa itu. Film ini juga menyoroti peran penting Presiden Soekarno dalam memberikan kesempatan pendidikan kepada para pelajar dan mahasiswa Indonesia. Film ini juga mengkritik sikap pemerintah Indonesia yang mengabaikan nasib para eksil dan tidak memberikan keadilan kepada mereka.

Pesan dan Makna Film Eksil

Film Eksil adalah sebuah film yang menggugah hati dan pikiran. Film ini mengajak kita untuk mengenal lebih dekat yang terlupakan dan terabaikan. Film ini juga mengajak kita untuk menghargai jasa dan pengorbanan para eksil yang telah berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan negara. Film ini juga mengajak kita untuk menghormati hak asasi manusia dan menghentikan diskriminasi dan kekerasan atas nama politik dan ideologi.