Sinopsis Film Dirty Vote: Mengupas Tabir Gelap Pemilu 2024

Avatar of Rediksia
Sinopsis Film Dirty Vote, Mengupas Tabir Gelap Pemilu 2024
Sinopsis Film Dirty Vote, Mengupas Tabir Gelap Pemilu 2024

DIKSIA.COM - yang tayang perdana pada Minggu, 11 Februari 2024 pukul 11.11 WIB di YouTube Indonesia Baru, menjadi perbincangan hangat di media sosial.

ini mengungkap desain dari sudut pandang tiga tata negara, yaitu Zainal Arifin Mochtar, Bivitri Susanti, dan Feri Amsari.

Film ini disutradarai oleh Dandhy Laksono, yang sebelumnya juga membuat film Sexy Killers yang mengkritik industri batu bara di Indonesia.

Apa Isi Film Dirty Vote?

Film berdurasi sekitar dua jam dan berisi fakta-fakta dan data-data yang menunjukkan bagaimana berlangsung.

Film ini juga menampilkan wawancara dengan para saksi, korban, dan pelaku kecurangan, serta analisis dari para tata negara.

Film ini mengklaim bahwa 2024 telah dimanipulasi oleh kekuatan politik yang berkuasa selama 10 tahun terakhir, dengan menggunakan berbagai trik dan permainan untuk mengakali publik pemilih.

Beberapa contoh kecurangan yang diungkap dalam film ini antara lain adalah:

  • Penggelembungan suara di sejumlah daerah, terutama di Papua, dengan menggunakan metode “suara ganda”, “suara kosong”, dan “suara tambahan”.
  • Penyalahgunaan hak pilih oleh aparat keamanan, seperti TNI dan Polri, yang diduga mendapat instruksi untuk memilih pasangan calon tertentu.
  • Pemalsuan formulir C1 yang berisi rekapitulasi suara di tingkat TPS, dengan mengubah angka-angka yang sesuai dengan hasil penghitungan manual.
  • Penyimpangan proses rekapitulasi suara di tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, dan nasional, dengan menggunakan sistem informasi (Situng) yang bermasalah dan tidak transparan.
  • Intimidasi dan kekerasan terhadap saksi-saksi dan pengawas-pengawas pemilu yang berani melaporkan kecurangan, baik oleh oknum aparat maupun massa pendukung pasangan calon tertentu.
  • Pembungkaman media dan masyarakat sipil yang kritis terhadap pelaksanaan pemilu, dengan menggunakan ancaman hukum, pencemaran nama baik, dan ujaran kebencian.

Apa Tujuan Film Dirty Vote?

Film Dirty Vote dibuat dengan tujuan untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, agar tidak mudah tertipu oleh politisi yang mempermainkan hak pilih mereka.