Sinopsis Film Desierto, Perjuangan Para Imigran Melintasi Perbatasan

Avatar of Rediksia
Sinopsis Film Desierto, Perjuangan Para Imigran Melintasi Perbatasan
Sinopsis Film Desierto, Perjuangan Para Imigran Melintasi Perbatasan. Foto: Poster film Desierto - Dok. Esperanto Kino

DIKSIA.COM - Pernahkah kamu bermimpi tentang kehidupan yang lebih baik, di negeri dengan peluang berlimpah? Bagi sekelompok gelap asal dalam ,” mimpi itu membawa mereka ke tandus Serikat, tempat harapan beradu dengan bahaya yang tak terduga.

adalah film yang mengisahkan perjuangan hidup dan mati sekelompok yang mencoba menyeberangi Serikat secara ilegal. Film ini disutradarai oleh Jonás Cuarón, putra dari sutradara terkenal Alfonso Cuarón, dan dibintangi oleh Gael García Bernal dan Jeffrey Dean Morgan. Film ini dirilis pada tahun 2015 dan mendapatkan berbagai penghargaan dan nominasi, termasuk Oscar untuk Film Berbahasa Asing Terbaik.

Latar Belakang Film Desierto

Film Desierto terinspirasi dari kenyataan yang dialami oleh banyak imigran Meksiko yang berusaha mencari kehidupan yang lebih baik di Amerika Serikat. Menurut data dari Pew Research Center, pada tahun 2019 terdapat sekitar 10,5 juta imigran Meksiko yang tinggal di AS, yang sebagian besar adalah imigran ilegal. Imigran ilegal ini harus menghadapi berbagai risiko dan tantangan, mulai dari penjaga perbatasan, geng, penyelundup, hingga para milisi yang membenci mereka.

Salah satu milisi yang terkenal adalah Minutemen, sebuah organisasi sukarelawan yang bertujuan untuk mencegah masuknya imigran ilegal ke AS dengan cara berpatroli di perbatasan dan melaporkan atau menangkap mereka. Beberapa anggota Minutemen bahkan diketahui menggunakan kekerasan dan senjata api untuk mengintimidasi atau membunuh imigran ilegal. Film Desierto mengambil karakter antagonisnya dari salah satu anggota Minutemen yang bernama Sam, yang diperankan oleh Jeffrey Dean Morgan.

Alur Cerita Film Desierto

Film Desierto dimulai dengan adegan sekelompok imigran Meksiko yang menumpang sebuah truk untuk menuju perbatasan AS. Salah satu dari mereka adalah Moises, yang diperankan oleh Gael García Bernal, yang ingin kembali ke AS untuk bertemu dengan anaknya. Namun, di tengah perjalanan, truk mereka mogok di tengah yang tandus dan panas. Sopir truk pun meminta mereka untuk berjalan kaki menuju perbatasan dengan bantuan seorang pemandu bernama Mechas.