Sinopsis Dil Se, Film Bollywood yang Mengisahkan Cinta Terlarang

RediksiaSabtu, 3 Februari 2024 | 15:26 WIB
Sinopsis Dil Se, Film Bollywood yang Mengisahkan Cinta Terlarang
Sinopsis Dil Se, Film Bollywood yang Mengisahkan Cinta Terlarang

DIKSIA.COM - Film Dil Se adalah salah satu yang populer di Indonesia. Film ini dibintangi oleh , , dan . Film ini menceritakan kisah antara seorang jurnalis dan seorang teroris. Film ini dirilis pada tahun 1998 dan mendapatkan banyak penghargaan, baik di India maupun di luar negeri.

Latar Belakang Film Dil Se

Film Dil Se merupakan film ketiga dari trilogi yang disutradarai oleh . Trilogi ini berfokus pada tema-tema politik dan sosial yang berkaitan dengan konflik di India. Film pertama adalah Roja (1992) yang mengangkat isu di Kashmir. Film kedua adalah Bombay (1995) yang mengangkat isu kerusuhan antara Hindu dan Muslim di Mumbai. Film ketiga adalah Dil Se (1998) yang mengangkat isu pemberontakan di wilayah timur laut India.

Film Dil Se juga dikenal dengan judul lain, yaitu Dil Se…, From the Heart, dan Uyire (dalam bahasa Tamil). Film ini memiliki soundtrack yang sangat populer, yang dikomposisi oleh A.R. Rahman. Lagu-lagu dalam film ini mencerminkan suasana hati dan emosi dari karakter-karakter utama. Lagu yang paling terkenal adalah , yang menampilkan adegan menari di atas kereta api.

Alur Cerita Film Dil Se

Film ini mengikuti kisah Amarkant Varma (Shah Rukh Khan), seorang jurnalis dan eksekutif program untuk All India Radio. Ia ditugaskan untuk meliput perayaan di wilayah timur laut India, yang sedang dilanda konflik antara pemerintah dan kelompok separatis. Dalam perjalanan, ia bertemu dengan seorang wanita misterius (Manisha Koirala) yang menolak untuk berbicara dengannya. Ia merasa tertarik dan penasaran dengan wanita itu, dan mencoba mencari tahu identitas dan latar belakangnya.

Ia kemudian mengetahui bahwa wanita itu bernama Meghna, dan ia adalah seorang anggota dari kelompok teroris yang berniat untuk melakukan serangan bom di New Delhi. Meghna juga memiliki masa lalu yang kelam, yang membuatnya membenci pemerintah dan masyarakat India. Meskipun begitu, ia tidak bisa menyangkal perasaan yang timbul di hatinya untuk Amar. Ia pun terjebak dalam dilema antara cinta dan misi.