Mengenal Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Novel

RediksiaJumat, 2 Februari 2024 | 10:50 WIB
Mengenal Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Novel
Mengenal Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Novel

DIKSIA.COM - Sebagai pembaca, kita kerap terseret oleh jalinan cerita dan karakter dalam sebuah novel. Namun, pernahkah kamu berpikir apa yang membuat sebuah novel bisa hidup dan bernafas? Rahasianya terletak pada unsur-unsur pembangun yang saling terkait, baik dari dalam maupun luar karya tersebut.

Nah, kali ini kita akan kupas tuntas tentang , yang merupakan elemen pembentuk cerita itu sendiri.

Memahami Unsur Intrinsik Novel: Jantung Cerita yang Sesungguhnya

Unsur intrinsik adalah elemen-elemen yang membangun cerita dari dalam novel itu sendiri. Ibarat tubuh manusia, unsur intrinsik bagaikan organ-organ vital yang membuat cerita berfungsi dan memiliki makna. Berikut ini adalah beberapa unsur intrinsik yang wajib kamu ketahui:

  1. Tema: Pesan utama atau inti sari cerita yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca. Tema bisa berupa nilai-nilai kehidupan, kritik sosial, atau gagasan tertentu.
  2. Tokoh dan Penokohan: Para individu yang menjalankan cerita, meliputi tokoh utama, tokoh pendukung, dan tokoh antagonis. Penokohan mencakup watak, karakteristik, dan perkembangan para tokoh tersebut.
  3. Latar: meliputi latar belakang waktu, tempat, dan suasana yang melatarbelakangi cerita. Latar yang baik mampu menciptakan imajinasi yang jelas bagi pembaca.
  4. Alur dan Plot: Jalinan peristiwa yang terjadi dalam cerita, mulai dari pembukaan, perkembangan, hingga klimaks dan penyelesaian. Plot yang menarik akan membuat pembaca terus penasaran dan terikat dengan cerita.
  5. Sudut Pandang: Perspektif atau posisi pencerita dalam menyampaikan kisahnya. Sudut pandang bisa berupa orang pertama, orang kedua, atau orang ketiga.
  6. Gaya Bahasa: Cara penulis menggunakan bahasa untuk menyampaikan cerita. Pilihan diksi, majas, dan struktur kalimat yang tepat akan memperkaya keindahan dan makna novel.
  7. Amanat: Pesan atau pelajaran yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca secara tersirat. Amanat tidak disampaikan secara langsung, melainkan melalui keseluruhan cerita dan perkembangan tokoh.

Penting dicatat: unsur intrinsik ini saling berkaitan dan mempengaruhi satu sama lain. Misalnya, tema cerita akan mempengaruhi pemilihan tokoh, latar, dan alur. Begitu pula, gaya bahasa yang digunakan penulis akan membantu pembaca memahami suasana dan karakter tokoh.

Mengenal Unsur Ekstrinsik Novel: Bukan Bagian dari Cerita

Selain unsur intrinsik, ada juga unsur ekstrinsik yang turut mempengaruhi keberadaan dan makna sebuah novel. Unsur ekstrinsik berasal dari luar novel itu sendiri, seperti:

  1. Latar belakang pengarang: Pengalaman hidup, pendidikan, dan nilai-nilai yang dianut pengarang bisa mempengaruhi isi dan gaya bahasa novel.
  2. Kondisi sosial dan budaya: Masyarakat tempat pengarang hidup serta nilai-nilai yang berlaku di dalamnya turut memengaruhi jalan cerita dan karakter tokoh.
  3. Aliran sastra: Novel bisa dipengaruhi oleh aliran sastra tertentu, seperti romantisme, realisme, atau surealisme, yang memiliki ciri khas masing-masing.

Dengan memahami unsur intrinsik dan ekstrinsik, kamu bisa menjadi pembaca yang lebih kritis dan analitis. Kamu tidak hanya menikmati jalan cerita, tapi juga bisa memahami pesan yang ingin disampaikan penulis, serta melihat bagaimana berbagai faktor eksternal turut membentuk sebuah karya sastra.