Sinopsis Novel Dilan 1990: Nostalgia SMA, Geng Motor, dan Puisi Romantis

RediksiaMinggu, 4 Februari 2024 | 17:28 WIB
Sinopsis Novel Dilan 1990 - Nostalgia SMA, Geng Motor, dan Puisi Romantis
Sinopsis Novel Dilan 1990 - Nostalgia SMA, Geng Motor, dan Puisi Romantis

DIKSIA.COM - Inget nggak sih masa-masa ? Penuh dengan seragam putih abu-abu, kejar tayang PR, dan tentunya, deg-degannya jatuh cinta pertama. Nah, kalau kamu kangen suasana itu, atau belum pernah ngerasainnya sama sekali, kuy jalan-jalan ke tahun 1990 lewat sinopsis !

adalah salah satu karya sastra yang populer di Indonesia. Novel ini ditulis oleh , seorang seniman, sastrawan, musisi, dan dosen asal . Novel ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2014 dan telah memiliki dua sekuel, yaitu Dilan 1991 dan Milea: Suara dari Dilan. Novel ini juga telah diadaptasi menjadi film yang sukses di pasaran.

Novel Dilan 1990 bercerita tentang antara Dilan dan Milea, dua siswa di Bandung pada tahun 1990. Dilan adalah seorang siswa yang penuh pesona, cerdas, humoris, tapi juga nakal dan anggota geng motor. Milea adalah seorang siswi baru yang pindah dari Jakarta, cantik, pintar, tapi juga polos dan lugu. Keduanya bertemu dan saling tertarik, meski awalnya Milea ragu karena sudah memiliki pacar di Jakarta bernama Beni.

Dilan memiliki cara-cara unik untuk mendekati dan merayu Milea, seperti memberikan surat, puisi, panggilan telepon, atau bahkan mengirimkan teman-temannya untuk menyampaikan pesan. Dilan juga sering mengajak Milea untuk berboncengan naik motor, pergi ke bioskop, atau berkunjung ke rumahnya. Milea mulai luluh dengan sikap Dilan yang romantis, lucu, tapi juga perhatian dan setia. Mereka pun menjalin hubungan yang manis dan harmonis.

Namun, mereka tidak selalu mulus. Mereka harus menghadapi berbagai rintangan, seperti cemburu, pertengkaran, kesalahpahaman, hingga ancaman dari geng motor lain yang berseteru dengan Dilan. Mereka juga harus berjuang untuk meyakinkan orang tua mereka, terutama ayah Milea yang tidak suka dengan Dilan. Apakah Dilan dan Milea bisa bertahan dan bahagia bersama? Temukan jawabannya di novel Dilan 1990.

Latar Belakang Novel Dilan 1990

Novel Dilan 1990 pertama kali diterbitkan pada tahun 2014 oleh penerbit Pastel Books. Novel ini merupakan bagian pertama dari trilogi Dilan yang meliputi Dilan 1991 dan Milea: Suara dari Dilan. Novel ini terinspirasi dari kisah nyata yang pernah berpacaran dengan seorang gadis bernama Milea saat SMA. Pidi Baiq sendiri adalah seorang seniman, sastrawan, musisi, dan dosen yang lahir di Bandung pada tahun 1972.