Resensi Novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori

RediksiaMinggu, 4 Februari 2024 | 20:46 WIB
Resensi Novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori
Resensi Novel Laut Bercerita karya Leila S. Chudori

DIKSIA.COM - adalah karya sastra yang ditulis oleh , seorang wartawan senior di majalah Tempo. Novel ini diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) pada tahun 2017. Novel ini mengangkat kisah para yang menghadapi kekejaman dan ketidakadilan rezim pada tahun 90-an hingga 2000-an.

Novel ini juga mengisahkan tentang pencarian jejak dan kebenaran dari 13 orang aktivis yang hilang secara misterius hingga kini. Novel ini merupakan novel yang berdasarkan pada fakta-fakta nyata yang terjadi di masa lalu. Novel ini juga telah diadaptasi menjadi film pendek yang disutradarai oleh Pritagita Arianegara.

Sinopsis Novel Laut Bercerita

Novel ini terbagi menjadi dua bagian yang menceritakan kisah dari dua sudut pandang yang berbeda. Bagian pertama menceritakan kisah dari sudut pandang Biru Laut Wibisono, seorang mahasiswa Sastra Inggris di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Laut bersama dengan teman-temannya, seperti Sunu, Alex, Kinan, Daniel, Gusti, Julius, Bram, dan lain-lain, adalah aktivis mahasiswa yang berjuang untuk menyuarakan hak-hak rakyat dan menentang kezaliman pemerintah.

Mereka sering mengadakan pertemuan rahasia di sebuah rumah kontrakan di Seyegan, Yogyakarta, untuk merencanakan aksi-aksi protes dan demonstrasi. Mereka juga membaca dan menulis karya-karya sastra yang radikal dan kritis. Namun, perjuangan mereka tidak mudah. Mereka harus menghadapi ancaman, intimidasi, penangkapan, penyiksaan, dan penghilangan paksa dari aparat keamanan yang brutal. Banyak dari mereka yang hilang tanpa jejak, termasuk Laut sendiri.

Bagian kedua menceritakan kisah dari sudut pandang Asmara Jati, adik perempuan Laut, yang berusaha mencari tahu nasib kakaknya yang hilang. Asmara adalah seorang jurnalis yang bekerja di majalah Tempo. Ia juga seorang penulis yang menulis novel-novel berdasarkan pengalaman hidupnya. Asmara tidak pernah menyerah untuk mencari kebenaran tentang apa yang terjadi pada Laut dan teman-temannya.