Novel Hujan: Karya Tere Liye yang Menggugah Imajinasi dan Emosi

RediksiaRabu, 20 Desember 2023 | 13:57 WIB
Novel Hujan karya Tere Liye
Novel Hujan karya Tere Liye

DIKSIA.COM - adalah salah satu karya terbaik dari penulis terkenal . Novel ini bercerita tentang kisah , , dan hidup di masa depan yang penuh dengan dan kemajuan .

Novel ini juga menyajikan berbagai pesan moral dan nilai-nilai kehidupan yang dapat menginspirasi pembaca.

Latar Belakang Novel Hujan

pertama kali diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada Januari 2016. Novel ini termasuk dalam genre science fiction () yang jarang digarap oleh penulis Indonesia.

Novel ini mengambil latar waktu di tahun 2042 hingga 2050, di mana dunia mengalami berbagai perubahan akibat pemanasan global dan perang nuklir.

Beberapa kota besar hancur dan menjadi tempat pengungsian. Sementara itu, berkembang pesat dan menciptakan berbagai inovasi, seperti robot, pesawat ruang angkasa, dan .

Novel Hujan merupakan novel ke-13 dari , yang sebelumnya telah menulis banyak novel best seller, seperti Rindu, Bumi, Negeri Para Bedebah, dan Pulang.

Novel ini mendapat sambutan positif dari para pembaca dan kritikus sastra. Novel ini juga berhasil meraih beberapa penghargaan, seperti Anugerah Pembaca Indonesia 2016 untuk kategori Novel Terbaik, dan Goodreads Choice Awards 2016 untuk kategori Fiction.

Sinopsis Novel Hujan

Novel Hujan mengisahkan tentang Lail, seorang perempuan yang menjadi yatim piatu sejak usia 13 tahun, ketika gunung api purba meletus dan menghancurkan kota tempat ia tinggal. Lail diselamatkan oleh Esok, seorang anak laki-laki yang kemudian menjadi sahabatnya.

Lail dan Esok tinggal di sebuah pengungsian, di mana mereka membantu para kemanusiaan. Suatu hari, Lail dan Esok harus berpisah, karena Esok diadopsi oleh sebuah keluarga kaya yang membawanya ke ibu kota. Lail pun tinggal di sebuah panti sosial, bersama teman sekamarnya yang ceria dan semangat, Maryam.