Novel Gadis Kretek by Ratih Kumala

RediksiaRabu, 31 Januari 2024 | 10:30 WIB
Novel Gadis Kretek by Ratih Kumala
Novel Gadis Kretek by Ratih Kumala

DIKSIA.COM - Hei, para penggila kisah cinta berbalut intrik dan aroma yang menusuk kalbu! Kumpul-kumpul, deh, soalnya kali ini kita bakal ngebahas “Gadis ” yang lagi ngetren. Siap-siap baper, panas dingin, pengin nyebat (tapi nggak usah beneran, ya!), dan terhanyut sama ceritanya, ya!

Pernah nggak sih kamu kepikiran gimana nasib anak muda yang terjebak di tengah konflik perusahaan keluarga, cinta segitiga, dan warisan aroma kretek yang melegendanya? Nah, itulah yang bakal kamu rasain pas baca ” karya Pingkan Kursusad. Novel ini udah diadaptasi jadi serial juga, lho, dan langsung melejit popularitasnya. Penasaran sama kisahnya? Yuk, scroll ke bawah sampe abis biar nggak ketinggalan info lengkapnya!

Novel adalah salah satu novel populer yang diadaptasi menjadi serial . Novel ini bercerita tentang kisah cinta, bisnis, dan budaya di balik yang menjadi ikon Indonesia. Jika kamu penasaran dengan novel ini, kamu bisa membacanya secara online atau mendownloadnya dalam format pdf. Berikut ini adalah ulasan singkat tentang novel Gadis Kretek.

Detail Novel Gadis Kretek

  • Judul: Gadis Kretek
  • Penulis:
  • Genre: Fiksi Indonesia, Romantis, Sejarah
  • Jumlah Bab: 25
  • Bahasa: Indonesia
  • Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
  • Rating: 4.2/5 (Goodreads)

Sinopsis Novel Gadis Kretek

Novel ini dimulai dengan kisah Lebas, anak bungsu dari Pak Raja, seorang pengusaha terkaya di Jakarta. Pak Raja sedang sekarat dan meminta Lebas untuk mencari seorang wanita bernama Jeng Yah di Kota M, tempat asal usaha rokok kreteknya. Lebas bersama kedua kakaknya, Tegar dan Karim, berangkat ke Kota M untuk menemukan Jeng Yah dan mengungkap rahasia masa lalu ayah mereka.

Di Kota M, mereka menelusuri jejak Jeng Yah, seorang gadis kretek yang sukses membangun usaha rokoknya sendiri di era 1960-an. Jeng Yah adalah anak dari Idroes Moeria, seorang pengusaha rokok kretek yang berjuang dari nol hingga menjadi besar. Idroes Moeria menikahi Roemaisa, seorang gadis cantik yang merupakan putri dari seorang juru tulis. Dari pernikahan mereka, lahir dua orang anak, Dasiyah dan Rukayah. Dasiyah, yang kemudian dikenal sebagai Jeng Yah, mewarisi bakat dan semangat ayahnya dalam berbisnis rokok kretek. Jeng Yah juga jatuh cinta dengan kretek dan menciptakan ramuan saus yang membuat rokoknya menjadi terkenal.