Novel, Cerpen, Cerbung: Apa Bedanya dan Bagaimana Menulisnya?

Avatar of Rediksia
Novel, Cerpen, Cerbung: Apa Bedanya dan Bagaimana Menulisnya?
Novel, Cerpen, Cerbung: Apa Bedanya dan Bagaimana Menulisnya?

DIKSIA.COM - Apakah kamu suka membaca atau , , atau ? Tahukah kamu apa perbedaan dan persamaan antara ketiga jenis yang berbentuk prosa ini? Bagaimana cara , , dan yang baik dan benar? Jika kamu ingin mengetahui jawabannya, yuk simak artikel ini sampai habis!

Apa itu Novel, Cerpen, dan Cerbung?

Novel, cerpen, dan cerbung adalah tiga jenis yang berbentuk prosa, yaitu karangan yang menggunakan bahasa sehari-hari dan tidak terikat oleh aturan metrum atau rima seperti puisi. Ketiga jenis karya sastra ini memiliki ciri-ciri dan karakteristik yang berbeda-beda, baik dari segi panjang, alur, tokoh, latar, tema, maupun gaya bahasa.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing jenis karya sastra tersebut:

Novel

Novel adalah karya sastra yang paling panjang dan kompleks, yang biasanya terdiri dari beberapa bab dan subbab, dengan alur yang berkembang dari awal hingga akhir. Novel memiliki banyak tokoh, baik utama maupun pembantu, yang memiliki watak dan sifat yang beragam. Novel juga memiliki latar yang luas dan beragam, baik tempat, waktu, maupun suasana.

Novel biasanya mengangkat tema yang mendalam dan universal, seperti cinta, persahabatan, keadilan, moral, dll. Novel menggunakan gaya bahasa yang bervariasi, mulai dari deskriptif, naratif, dialog, monolog, hingga simbolik. novel yang terkenal adalah Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, Dilan karya Pidi Baiq, dan Harry Potter karya J.K. Rowling.

Cerpen

Cerpen adalah karya sastra yang paling pendek dan sederhana, yang biasanya hanya terdiri dari satu bagian tanpa bab atau subbab, dengan alur yang singkat dan padat. Cerpen hanya memiliki sedikit tokoh, biasanya hanya satu atau dua, yang memiliki watak dan sifat yang tidak terlalu rumit. Cerpen juga memiliki latar yang sempit dan terbatas, biasanya hanya satu tempat, waktu, dan suasana.