Novel Cantik Itu Luka by Eka Kurniawan

RediksiaJumat, 9 Februari 2024 | 22:21 WIB
Novel Cantik Itu Luka by Eka Kurniawan
Novel Cantik Itu Luka by Eka Kurniawan

DIKSIA.COM - Pernahkah kamu mendengar pepatah “cantik itu luka”? Pepatah ini bukan sekadar omong kosong, lho! Buktinya, novel “Cantik Itu Luka” karya dengan gamblang menggambarkan bagaimana kecantikan Dewi Ayu, seorang gadis desa yang terlahir dengan paras ayu nan menawan, justru membawa kutukan dan tragedi dalam hidupnya.

Dirilis pada tahun 2002, novel “Cantik Itu Luka” langsung melejit ke puncak popularitas dan menjadi salah satu karya sastra Indonesia modern paling ikonik. Novel ini telah diterjemahkan ke berbagai bahasa dan bahkan diadaptasi menjadi film layar lebar pada tahun 2019.

Detail Novel

  • Judul: Cantik Itu Luka
  • Pengarang: 
  • Genre: Fiksi, Drama, Realisme Magis
  • Bab: 32
  • Bahasa: Indonesia
  • Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
  • Peringkat: Goodreads 4.14 (dari 26,428 rating)

Sinopsis Novel Cantik Itu Luka

Dewi Ayu, seorang gadis desa yang terlahir dengan kecantikan luar biasa, diwariskan kutukan dari neneknya yang konon memiliki hubungan gelap dengan seekor siluman ular. Kutukan ini membuat Dewi Ayu selalu dikelilingi oleh laki-laki yang terobsesi dengan kecantikannya, namun membawa malapetaka dan tragedi bagi hidupnya.

Kisah Dewi Ayu terjalin dengan berbagai karakter unik dan penuh misteri, seperti Bima, seorang pemuda bisu yang jatuh cinta padanya; Hanafi, seorang dokter yang tergila-gila dengan kecantikannya; dan Sukab, seorang dukun sakti yang menyimpan rahasia masa lalu Dewi Ayu.

Dimana Bisa Membaca Novel “Cantik Itu Luka”?

Kamu bisa membeli novel “Cantik Itu Luka” di toko buku online dan offline, seperti Gramedia, Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Novel ini juga tersedia dalam versi ebook di Google Play Books, Apple Books, dan Amazon Kindle.

Kesimpulan

“Cantik Itu Luka” bukan sekadar novel roman biasa. Novel ini menghadirkan kritik sosial yang tajam tentang patriarki, feodalisme, dan eksploitasi perempuan dalam masyarakat. Dengan gaya penulisan yang magis dan penuh humor, Eka Kurniawan berhasil membawa kita menyelami kisah tragis Dewi Ayu dan mempertanyakan makna kecantikan yang sesungguhnya.