Simak! Aturan Baru Kini Hanya Polantas Bersertifikat Yang Bisa Menilang Di Jalan

Avatar of Rediksia
simak aturan baru kini hanya polantas bersertifikat yang bisa menilang di jalan 79c2645

DIKSIA.COM - Polisi yang sebelumnya dilarang, kembali diizinkan mengenakan denda kepada pengguna jalan setelah mendapat izin dari Kapolri.

Namun, masyarakat harus menyadari bahwa tidak semua diperbolehkan mengenakan denda kepada pelanggar peraturan lalu lintas, karena hanya polantas bersertifikat yang dapat mengenakan denda. Ada kebutuhan.

Hal itu diungkapkan Kakorrantas Poli Irjen Firman Shanchavdi merujuk pada instruksi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Fuhrman mengatakan satu-satunya petugas polisi yang dapat mengenakan denda kendaraan di jalan adalah mereka yang memiliki sertifikat saku.

Oleh karena itu, tidak semua petugas polisi di jalan memiliki surat .

“Instruksi Kapolres sudah jelas dan sekarang hanya agen resmi yang berwenang untuk memberlakukan denda, jadi tidak setiap anggota di jalan akan diberikan ,” kata Furman, Rabu. (7 Mei 2023), pada rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR.

Fuhrman menjelaskan bahwa tiket tersebut berkaitan dengan hasil insentif yang Anda terima nantinya.

“Mudah-mudahan dana insentif dari dana tiket ini juga bisa dikurangi baik oleh back office maupun pelaksana lapangan, karena tiket ini juga akan mempengaruhi insentif yang diterima nantinya,” ujarnya.

Ia berharap banyak petugas yang benar-benar turun ke jalan.

Namun Fuhrman menegaskan bahwa kewenangan untuk mengenakan denda hanya akan diberikan kepada petugas yang memenuhi syarat yang memenuhi kualifikasi tertentu.

“Biasanya mereka hanya ingin jalan-jalan, tapi kami beri tahu mereka perlu sertifikasi atau kualifikasi tertentu, lalu mereka dapat tiket dan insentif,” katanya. dijelaskan.

Saat ini, terdapat 4.058 penyidik ​​kecelakaan, 2.437 SKEP (peraturan perundang-undangan) penyidik, dan pemegang sertifikasi kompetensi penyidik ​​kecelakaan sebanyak 524 orang.

Sebelumnya, Comves Latif Usman, Kepala Porda Otoritas Perhubungan Metro Jaya, mengatakan tidak semua anggota ditilang dalam kasus ini.

“Untuk menghindari pengaduan, kami tidak memberikan tiket kepada petugas polisi sembarangan, dan kami tidak benar-benar memberikan tiket kepada petugas yang memenuhi syarat,” jelasnya.