Profil Putri Ariani, Penyanyi Tunanetra yang Mendunia

Avatar of Rediksia
Profil Putri Ariani, Penyanyi Tunanetra yang Mendunia
Profil Putri Ariani, Penyanyi Tunanetra yang Mendunia. (Tangkapan layar YouTube/ Putri Ariani dalam America's Got Talent)

DIKSIA.COM - , asal Indonesia, berhasil menembus babak final 2023 dan meraih posisi keempat. Ini adalah prestasi luar biasa bagi Putri yang sebelumnya juga menjadi juara 2014. Bagaimana kisah inspiratif dari lahir hingga mendunia? Simak profil lengkapnya di artikel ini.

Siapa Putri Ariani?

Putri Ariani adalah seorang -penulis lagu pop solo penyandang berkebangsaan Indonesia. Namanya mulai dikenal semenjak mengikuti kompetisi 2014 dan berhasil meraih posisi sebagai pemenang. Dia mendapat rekognisi global atas partisipasinya di 2023. Video audisi Putri Ariani menjadi viral dan trending di lebih dari 30 negara. Ia menempati posisi ke-4 dalam kompetisi tersebut.

Kehidupan Awal dan Pendidikan

Putri lahir dengan nama Ariani Nisma Putri pada tanggal 31 Desember 2005 di Bangkinang, Kampar, Riau. Ia adalah anak pertama dari tiga bersaudara dari pasangan Ismawan Kurnianto keturunan Jawa dan Reni Alfianty asal Minang. Neneknya dari pihak ibu bernama Hj. Asnilawati dari Pandai Sikek.

Putri lahir dengan keadaan prematur dalam usia kandungan 6 bulan 18 hari lantaran sang ibu mengalami Plasenta previa. Setelah lahir, Putri harus berada di dalam inkubator bayi selama 3 bulan di rumah sakit. Putri kemudian divonis mengalami katarak pada saat dirinya keluar dari inkubator.

Kemudian orang tuanya membawa Putri untuk berobat ke Singapura dan dinyatakan bahwa ia mengalami retinopati prematuritas dan sempat melakukan tindakan bedah untuk mata kanannya tapi tidak membuahkan hasil. Ia dinyatakan buta total ketika berusia 3 bulan.

Putri dikenalkan musik oleh neneknya, Asnilawati dan mempelajari musik secara autodidak tanpa mengikuti les vokal. Ia mulai tampil bernyanyi di panggung sejak berusia tujuh tahun5 Putri mengaku bahwa ia kerap mendapatkan perundungan karena memiliki fisik yang berbeda.