Classroom of the Elite: Bertahan Hidup di Sekolah Impian yang Penuh Jebakan

RediksiaMinggu, 4 Februari 2024 | 12:14 WIB
Classroom of the Elite, Bertahan Hidup di Sekolah Impian yang Penuh Jebakan
Classroom of the Elite, Bertahan Hidup di Sekolah Impian yang Penuh Jebakan. (Foto: Hotstar / Desney+)

DIKSIA.COM - Pernahkah kamu bermimpi masuk bergengsi dengan fasilitas mewah dan jaminan masa depan cerah? Kedengarannya sempurna, bukan? Tapi tunggu dulu, apa jadinya jika kebebasan itu dibungkus dengan sistem meritokrasi yang super ketat, bahkan kejam? Inilah realitas yang dihadapi para siswa Senior High School dalam fenomenal .

Classroom of the Elite adalah salah satu seri , , dan anime yang sedang populer di kalangan penggemar karya-karya Jepang. Seri ini bercerita tentang kehidupan sekolah yang tidak biasa, di mana siswa-siswa harus bersaing untuk mendapatkan fasilitas dan perlakuan terbaik.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu Classroom of the Elite, siapa saja karakter-karakter utamanya, dan bagaimana alur ceritanya.

Latar Belakang Classroom of the Elite

Classroom of the Elite adalah seri novel ringan yang ditulis oleh Shougo Kinugasa dan diilustrasikan oleh Shunsaku Tomose. Novel ini mulai diterbitkan pada Mei 2015 dan berakhir pada September 2019, dengan total 11 volume. Novel ini kemudian mendapatkan sekuel yang berjudul Classroom of the Elite: Year 2, yang mulai diterbitkan pada Januari 2020 dan masih berlanjut hingga saat ini, dengan total 10 volume.

Dari novel ini, muncul adaptasi manga yang digambar oleh Yuyu Ichino, yang mulai dimuat di majalah Monthly Comic Alive pada Januari 2016 dan masih berlanjut hingga saat ini, dengan total 12 volume. Manga ini juga mendapatkan adaptasi manga lain yang berfokus pada salah satu karakter utama, yaitu Suzune Horikita, yang digambar oleh Sakagaki, yang mulai dimuat di majalah yang sama pada Juni 2017 dan berakhir pada Mei 2018, dengan total 2 volume.

Selain itu, novel ini juga diadaptasi menjadi anime televisi yang diproduksi oleh studio Lerche, yang tayang pada Juli hingga September 2017, dengan total 12 episode. Anime ini mendapatkan sambutan yang baik dari para penonton dan kritikus, dan diumumkan bahwa anime ini akan mendapatkan musim kedua yang akan tayang pada tahun 2022.

Alur Cerita Classroom of the Elite

Classroom of the Elite mengikuti kisah Kiyotaka dan teman-temannya di , yang harus berjuang untuk meningkatkan peringkat kelas mereka dan mendapatkan fasilitas dan perlakuan terbaik di SMA Koudo Ikusei. Sekolah ini memiliki sistem yang unik, di mana setiap kelas diberikan poin bulanan yang bisa digunakan untuk membeli barang-barang atau layanan yang diinginkan.