Cara Buka DPLK BRI untuk Persiapan Masa Pensiunmu

RediksiaSelasa, 6 Februari 2024 | 17:55 WIB
Cara Buka DPLK BRI untuk Persiapan Masa Pensiun
Cara Buka DPLK BRI untuk Persiapan Masa Pensiun. Foto: Dok. bumntrack.co.id

DIKSIA.COM - Siapa yang tidak ingin menikmati masa pensiun dengan tenang dan sejahtera? Tentu semua orang menginginkan hal itu. Namun, untuk mewujudkannya, kamu perlu mempersiapkan dana pensiun sejak dini. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengikuti program DPLK .

DPLK adalah singkatan dari Dana Pensiun Lembaga Keuangan Bank Rakyat Indonesia. Ini adalah berbasis yang ditawarkan oleh BRI untuk individu atau kolektif, baik pekerja mandiri atau karyawan. Dengan mengikuti program ini, kamu bisa mendapatkan jaminan penghasilan di masa tua sesuai dengan iuran yang kamu bayarkan.

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk mengikuti program ini, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui, seperti jenis-jenis , cara buka , cara cek saldo DPLK BRI, dan cara mencairkan DPLK BRI. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Jenis-Jenis DPLK BRI

DPLK BRI memiliki beberapa jenis produk yang bisa kamu pilih sesuai dengan preferensi dan profil risikomu. Berikut adalah beberapa jenis DPLK BRI yang tersedia:

  • DPLK Pasar Uang: Produk ini cocok untuk kamu yang menginginkan dengan risiko rendah. Dana kamu akan ditempatkan di instrumen pasar uang seperti deposito dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI). Keuntungan yang kamu dapatkan adalah 100% karena tidak ada risiko kerugian.
  • DPLK Pendapatan Tetap: Produk ini cocok untuk kamu yang menginginkan investasi dengan risiko menengah. Dana kamu akan ditempatkan di instrumen pendapatan tetap seperti obligasi pemerintah dan BUMN. Keuntungan yang kamu dapatkan bisa lebih besar daripada DPLK Pasar Uang, tetapi ada kemungkinan kerugian jika terjadi perubahan suku bunga.
  • DPLK Saham: Produk ini cocok untuk kamu yang menginginkan investasi dengan risiko tinggi. Dana kamu akan ditempatkan di instrumen saham. Keuntungan yang kamu dapatkan bisa sangat besar, tetapi ada risiko kerugian yang besar juga jika terjadi fluktuasi harga saham.
  • DPLK Pasar Uang Syariah: Produk ini cocok untuk kamu yang menginginkan investasi syariah dengan risiko rendah. Dana kamu akan ditempatkan di instrumen pasar uang syariah. Keuntungan yang kamu dapatkan adalah 100% karena tidak ada risiko kerugian dan sesuai dengan prinsip syariah.
  • DPLK Berimbang Syariah: Produk ini cocok untuk kamu yang menginginkan investasi syariah dengan risiko menengah. Dana kamu akan ditempatkan di instrumen pasar uang syariah, sukuk syariah, dan saham syariah. Keuntungan yang kamu dapatkan bisa lebih besar daripada DPLK Pasar Uang Syariah, tetapi ada risiko kerugian yang menengah juga.

Cara Buka DPLK BRI

Jika kamu tertarik untuk mengikuti program DPLK BRI, kamu bisa membuka rekening DPLK BRI dengan cara sebagai berikut:

  • Kunjungi kantor cabang BRI terdekat atau hubungi call center BRI di 14017 atau 1500017.
  • Pilih jenis produk DPLK BRI yang kamu inginkan dan sesuaikan dengan profil risikomu.
  • Isi formulir pendaftaran dan lampirkan dokumen yang diperlukan, seperti KTP, NPWP, dan slip gaji (jika ada).
  • Setujui perjanjian kepesertaan dan bayar iuran awal sesuai dengan ketentuan produk yang kamu pilih.
  • Tunggu sampai rekening DPLK BRI kamu aktif dan kamu akan mendapatkan buku tabungan DPLK BRI dan nomor peserta DPLK BRI.

Cara Cek Saldo DPLK BRI

Setelah kamu menjadi peserta DPLK BRI, kamu bisa mengecek saldo DPLK BRI kamu dengan beberapa cara, yaitu:

  • Melalui aplikasi BRI Mobile. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di Google Play Store atau App Store. Kemudian, kamu bisa masuk ke menu Info, pilih DPLK BRI, masukkan nomor peserta DPLK BRI dan PIN, dan kirim. Kamu akan mendapatkan informasi saldo DPLK BRI kamu melalui SMS.
  • Melalui website DPLK BRI. Kamu bisa mengakses website ini di 1. Kamu bisa masuk dengan menggunakan user ID (nomor CIF) dan password (tanggal/bulan/tahun lahir). Kamu akan melihat informasi saldo DPLK BRI kamu di halaman utama.
  • Melalui kantor cabang BRI. Kamu bisa datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat dan menunjukkan buku tabungan DPLK BRI kamu. Petugas akan membantu kamu untuk mengecek saldo DPLK BRI kamu.

Cara Mencairkan DPLK BRI

Salah satu keuntungan dari mengikuti program DPLK BRI adalah kamu bisa mencairkan dana pensiun kamu sesuai dengan kebutuhanmu. Ada beberapa kondisi yang memungkinkan kamu untuk mencairkan DPLK BRI, yaitu:

  • Mencapai usia pensiun. Kamu bisa mencairkan DPLK BRI kamu jika kamu sudah mencapai usia pensiun sesuai dengan perjanjian kepesertaan. Usia pensiun bisa berbeda-beda tergantung pada jenis produk yang kamu pilih. Kamu bisa memilih untuk menerima dana pensiun kamu secara sekaligus atau berkala.
  • Mengundurkan diri atau dipecat dari pekerjaan. Kamu bisa mencairkan DPLK BRI kamu jika kamu mengundurkan diri atau dipecat dari pekerjaan. Kamu bisa memilih untuk menerima dana pensiun kamu secara sekaligus atau memindahkannya ke lain.
  • Meninggal dunia. Jika kamu meninggal dunia, ahli waris kamu bisa mencairkan DPLK BRI kamu. Ahli waris kamu bisa memilih untuk menerima dana pensiun kamu secara sekaligus atau berkala.
  • Mengalami cacat tetap. Kamu bisa mencairkan DPLK BRI kamu jika kamu mengalami cacat tetap yang mengakibatkan kamu tidak bisa bekerja lagi. Kamu bisa memilih untuk menerima dana pensiun kamu secara sekaligus atau berkala.

Untuk mencairkan DPLK BRI, kamu perlu mengajukan permohonan pencairan ke kantor cabang BRI terdekat atau melalui call center BRI. Kamu juga perlu melampirkan dokumen yang diperlukan, seperti KTP, NPWP, buku tabungan DPLK BRI, surat keterangan pensiun atau pengunduran diri atau kematian atau cacat tetap, dan dokumen lain yang relevan. Proses pencairan DPLK BRI biasanya membutuhkan waktu sekitar 14 hari kerja.

Kesimpulan

DPLK BRI adalah program pensiun yang bisa kamu ikuti untuk menyiapkan masa pensiunmu. DPLK BRI memiliki beberapa jenis produk yang bisa kamu pilih sesuai dengan profil risikomu. Kamu bisa membuka rekening DPLK BRI dengan mudah di kantor cabang BRI atau melalui call center BRI.