Pasukan Khusus Italia Berhasil Selamatkan Kapal Kargo Turki dari Serangan Bajak Laut

Avatar of Rediksia
Pasukan Khusus Italia Berhasil Selamatkan Kapal Kargo Turki dari Serangan Bajak Laut
Ilustrasi kapal kargo (Foto: AFP/OZAN KOSE)

DIKSIA.COM - Pasukan Khusus dipuji setelah berhasil menyelamatkan yang sedang berlayar dari menuju Prancis dari serangan .

Para awak kapal tersebut menghadapi ancaman serius di lepas pantai .

Menteri Pertahanan Italia, Guido Crosetto, mengungkapkan dalam laporan AFP pada Sabtu (10/6/2023), bahwa marinir dengan berani menuruni kapal menggunakan helikopter setelah sejumlah ‘penumpang gelap' mengancam awak kapal dengan pisau.

Kementerian Pertahanan menginformasikan kepada AFP bahwa serangan tersebut dilakukan oleh para migran, meskipun tidak diketahui kewarganegaraan mereka.

Kapal yang diselamatkan adalah Galata Seaways, dengan sistem roll-on roll-off yang dirancang khusus untuk mengangkut kendaraan.

Kapal tersebut berbendera dan membawa 22 awak kapal.

Pada tanggal 7 Juni, kapal berangkat dari Topcular, Turki, dengan tujuan mencapai Sete di bagian selatan Prancis.

Dalam laporan Harian Repubblica, sekitar 15 penumpang gelap berhasil naik ke kapal di Turki dengan harapan dapat mencapai Eropa. Namun, mereka kemudian ditemukan oleh awak kapal.

“Para migran berusaha menculik beberapa awak kapal di dalam ruang kemudi,” ujar ANSA, kantor berita terkemuka.

Kejadian dramatis ini terungkap ketika kapal berlayar di perairan Italia yang dekat dengan pulau Ischia.

Kapten kapal berhasil menghubungi radio untuk meminta bantuan, dan permintaannya diteruskan ke Ankara yang kemudian memberitahu pihak berwenang Italia.

Menurut laporan Repubblica, setelah pasukan khusus menyerbu kapal, beberapa penumpang gelap berhasil ditangkap, sementara yang lain “mengunci diri mereka sendiri di dalam ruang muatan.”

“Kapal ini sangat besar dan mereka dengan mudah dapat bersembunyi,” ungkap Menteri Crosetto dalam sebuah acara televisi.

“Ketika mereka mendengar suara helikopter, beberapa penumpang gelap berusaha melarikan diri melalui laut di kegelapan,” tambahnya.

“Namun, kapal ini dikepung. Dalam beberapa jam ke depan, kita akan mengetahui identitas para perompak ini dan apa tujuan mereka,” lanjutnya.